Selasa, 24 Maret 2015

Tagged Under:

'Tambora Menyapa Dunia' Siap Memagnet Turis ke NTB

By: DoniN On: 07.28
  • Share The Gag
  • 'Tambora Menyapa Dunia' Siap Memagnet Turis ke NTBGunung Tambora, letusannya 2 abad lalu termasuk terdahsyat di dunia. (Flickr/Paul Hessels)
    Meletusnya Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat (NTB) 200 tahun lalu, tepatnya pada 10-11 April, akan dikemas dalam sebuah rangkaian acara pariwisata bertajukTambora Menyapa Dunia (TMD) yang akan digelar pada 4-12 April mendatang.

    Dengan digelarnya perhelatan akbar pertama terkait Gunung Tambora ini, diharapkan bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara yang ke Nusa Tenggara Barat.

    Wakil Gubernur NTB, Muhammad Amin, mengatakan TMD merupakan salah satu upaya untuk menggaet lebih banyak wisatawan lagi yang masuk ke NTB. Pasalnya, Pemerintah Daerah NTB menargetkan 2 juta wisatawan, yang terdiri dari wisatawan lokal dan mancanegara dengan jumlah wisatawan pada puncak TMD yang diperkirakan mencapai 15 ribu wisatawan.

    Menteri Pariwisata, Arief Yahya, juga membenarkan jumlah target wisatawan yang harus diwujudkan oleh NTB. "Target wisatanya dua juta. Satu juta wisman dan satu juta wisnus," kata Arief Yahya dalam Konferensi Pers Tambora Menyapa Dunia yang diadakan di Gedung Kementerian Pariwisata, Rabu (11/3).

    Demi mencapai target tersebut, Menteri Pariwisata pun memasukkan NTB dalam Great Bali. Ia percaya, masuknya NTB ke Great Bali bisa meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke sana.

    "Targetnya, tahun ini 4 juta orang di sana. Saya mewajibkan orang di sana untuk mempromosikan NTB," ujar Arief. Anggaran yang diberikan pada Bali pun harus bisa memuat paket NTB.

    Arief pun juga mengimbau Pemerintah NTB untuk berpromosi di Bali. "Saya sarankan juga teman-teman NTB seharusnya banyak buat billboard di Bali. Karena sudah ada empat juta orang nanti tinggal attract mereka datang ke Lombok terutama ke Sumbawa.

    Bahkan untuk mendukung tercapainya target ini di NTB, Menteri Pariwisata menambahkan anggaran sebanyak Rp 4 miliar untuk pariwisata NTB, setelah sebelumnya NTB mendapat anggaran Rp 6 miliar. "Saya tambahkan, jadi 10 miliar," tegas Arief.

    Tak hanya itu, Arief pun akan menambahkan anggaran Rp 1 miliar untuk sadar wisata demi meningkatkan kualitas pariwisata NTB.

    "Sadar wisata dananya saya tambah 1 miliar." Dana ini nantinya akan digunakan untuk merekrut change agent demi mewujudkan program Sapta Pesona, yang antara lain mencakup nilai indah, aman, tertib, dan bersih. 

    0 komentar:

    Posting Komentar