Selasa, 24 Maret 2015

Tagged Under:

10 Sungai Tercantik dari Penjuru Dunia

By: DoniN On: 07.02
  • Share The Gag
  • 10 Sungai Tercantik dari Penjuru DuniaSungai Amazon
    Sungai adalah bagian penting dan tak terpisahkan dalam rantai kehidupan di bumi ini. Tak terhitung berapa ribu hektar lahan pertanian dan satwa di muka bumi yang menggantungkan hidup dari aliran sungai.

    Selain berfungsi sebagai penopang kehidupan, sungai juga menyimpan potensi wisata yang tak kalah menarik.

    Dilansir dari CNN, berikut 10 sungai tercantik di dunia yang layak dikunjungi:

    1. Sungai Amazon, Amerika Selatan

    Sungai Amazon berada di peringkat tertinggi di daftar sungai yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Sungai yang membentang di sepanjang wilayah sembilan negara di Amerika Selatan ini menyimpan keanekaragaman hayati yang luar biasa.

    Selain itu, hutan tropis di sepanjang aliran Sungai Amazon juga menjadi tempat perlindungan bagi lebih dari 400 suku Indian pribumi.

    Anda bisa berhenti sejenak dan memuaskan hasrat petualang dengan menikmati keindahan Sungai Amazon serta ikan piranha yang terkenal.

    2. Sungai Zambezi, Afrika
    Sungai Zambezi adalah sungai terpanjang keempat di Afrika. Sungai ini menawarkan pemandangan satwa liar juga lokasi-lokasi arung jeram.

    Di tengah aliran sungai Zambezi yang berlokasi di perbatasan Zambia dan Zimbabwe, wisatawan dapat menguji keberaniannya dengan mencoba bungee jumping di air terjun terbesar di Afrika, Victoria Falls.

    Selain itu, para pengunjung juga bisa menikmati kehidupan liar dari atas jip maupun dengan menggunakan kayak di sepanjang sungai Zambezi bawah di mana terdapat delta yang menuju ke Samudera Hindia.

    3. Río Cahabón, Guatemala

    Sungai ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit para backpacker yang sedang menghabiskan waktu di Amerika Tengah. Di tempat ini wisatawan dapat menikmati wisata arung jeram level menengah serta menyaksikan keindahan gua-gua yang ada di sepanjang aliran sungai.

    4. Sungai Sepik, Papua Nugini

    Sungai Sepik seringkali disebut sebagai Amazonnya Asia Pasifik. Sama seperti sungai Amazon, sungai Sepik juga dikenal dengan keanekaragaman hayati yang ada di sepanjang aliran sungai.

    Berwisata menyusuri sungai Sepik, Anda akan menemukan kebudayaan setempat yang masih primitif.

    Konon katanya, di masa lalu suku-suku pedalaman Papua Nugini terkenal akan sifat kanibalnya. Tak jarang beberapa penduduk mengaku masih bisa menceritakan seperti apa rasa daging manusia dari hasil buruan mereka.

    5. Sungai Danube dan Rhine, Eropa

    Kedua sungai ini dihubungkan dengan sistem kanal. Sungai ini mengalir melalui wilayah 12 negara di Eropa seperti Slowakia, Hungaria, dan Austria.

    Menyusuri sungai ini, Anda akan menemukan romantisme dan eksotisme arsitektur di era Barok yang tersebar di sepanjang sungai.

    6. Sungai Irrawaddy, Myanmar

    Jika Anda pernah berkunjung ke sungai Mekong di Vietnam, sungai Irrawaddy menjadi alternatif tujuan wisata berikutnya. Wisata sungai memegang peranan penting bagi dunia pariwisata di Myanmar.

    Beberapa perusahaan swasta kini sudah menyediakan layanan menyusuri sungai ini. Di sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan candi-candi kuno, desa-desa terpencil, pasar tradisional, juga situs Buddha bersejarah.

    7. Sungai Kenai, Amerika Serikat

    Sungai Kenai memiliki panjang sekitar 131 kilometer melewati semenanjung Kenai di Alaska. Sungai ini menjadi daerah tujuan wisata memancing paling populer di negara bagian Alaska.

    Selain bisa memancing ikan Salmon berukuran besar, pengunjung juga bisa menyaksikan ikan Paus Beluga berukuran raksasa saat musim semi tiba.

    8. Sungai Gangga, India

    Sungai Ganges atau Gangga adalah salah satu daerah aliran sungai terpadat di dunia. Meskipun tidak bersih dan tidak seindah sungai lain, sungai ini tetap menjadi sungai tersuci bagi umat Hindu di India.

    Berkunjung ke sungai Gangga, pengunjung dapat menyaksikan para peziarah dari seluruh dunia berkumpul dan mandi di pemakaman yang terdapat di kota suci Varanasi.

    Mungkin ini akan menjadi wisata paling mendalam bagi para wisatawan. Anda juga bisa berkunjung ke kota Rishikesh jika ingin berwisata arung jeram sekaligus mencoba olahraga yoga.

    9. Sungai Rio Futaleufú, Argentina dan Chili

    Sungai ini menjadi tujuan favorit para pecandu wisata andrenalin. Pasalnya di sungai ini terdapat jeram yang menantang untuk ditaklukkan.

    Selain itu di sungai ini wisatawan juga dapat menghabiskan waktunya dengan memancing, bersepeda, panjat tebing, maupun menunggang kuda.

    10. Sungai Nil, Afrika

    Sungai Nil membentang di sepanjang wilayah 11 negara di Afrika.

    Menyusuri sungai terpanjang di Afrika ini, wisatawan akan menemukan pemandangan menakjubkan dari sisa-sisa peradaban manusia masa lalu seperti Kuil Luxor tak hanya itu di sepanjang aliran sungai wisatawan dapat menyaksikan situs-situs bersejarah Mesir kuno.

    0 komentar:

    Posting Komentar