Selasa, 24 Maret 2015

Tagged Under:

Asal-usul Virus HIV Mulai Terungkap

By: DoniN On: 07.47
  • Share The Gag
  • Asal-usul Virus HIV Mulai TerungkapIlustrasi gorila. (Dok. Pixabay/Hans)
    Para ilmuwan berhasil mengungkap asal-usul virus HIV. Setengah dari garis keturunan virus human immunodeficiency atau HIV-1 disebut berasal dari hewan gorila di Kamerun yang mungkin terjadi akibat perburuan liar hingga akhirnya menginfeksi manusia.

    HIV-1 yang menyebabkan AIDS, terdiri dari empat kelompok, masing-masing berasal dari transmisi lintas-spesies dari kera ke manusia yang sebelumnya terpisah.

    Penelitian terbaru seputar asal-usul virus HIV dipublikasi dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

    Menurut laporan Reuters, penelitian sebelumnya mengidentifikasi simpanse dari Kamerun bagian selatan sebagai sumber HIV-1 kelompok M. Virus ini telah menginfeksi lebih dari 40 juta orang di seluruh dunia yang memicu pandemi AIDS.

    Sementara itu, virus HIV-1 kelompok N diidentifikasi menginfeksi 20 juta orang.

    “Dengan demikian, baik simpanse dan gorila merupakan tempat bagi virus yang mampu melintasi penghalang terhadap spesies manusia dan menyebabkan wabah penyakit besar,” kata ahli virus Martine Peeters dari Lembaga Penelitian dan Pengembangan Universitas Montpellier di Perancis.

    Dalam penelitian ini, para ilmuwan memeriksa kotoran dari gorila yang berbeda-beda di kawasan Afrika Tengah, termasuk di daratan Barat yang rendah, goril di daratan rendah di timur dan gorila di kawasan gunung di Kamerun, Gabon, Kongo, serta Uganda.

    Hingga saat ini, kelompok lain dari virus HIV-1, yaitu kelompok O dan P, belum dikonfirmasi asal-usulnya.

    Meski belum diketahui asal-usulnya, HIV-1 kelompok O telah tersebar di Kamerun, Gabon, Nigeria, dan negara tetangga yang telah mengifeksi 100.000 orang. Sementara kelompok P sejauh ini diketahui menginfeksi dua orang di Kamerun.

    Para peneliti berkata HIV-1 kelompok O muncul pada awal abad ke-20 dan kelompok P muncul beberapa tahun kemudian di abad itu.

    Jenis virus lain yang disebut HIV-2, terbatas penyebarannya di Afrika Barat. Ia dinilai kurang mudah menular dibandingkan HIV-1, perkembangannya juga lebih lambat untuk AIDS. HIV-2 diduga ditularkan dari monyet jenis mangabey di Afrika Barat. 

    0 komentar:

    Posting Komentar