Selasa, 24 Maret 2015

Tagged Under:

Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

By: DoniN On: 08.08
  • Share The Gag
  • Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kecantikan Kulit dan Rambut
    Mandi menggunakan air hangat memiliki fungsi terapi. Air hangat dapat membersihkan kulit dan rambut dari produk kimia yang dipakai sehari-hari maupun membersihkan kulit dari paparan polusi secara efektif.

    Tapi, tahukah Anda ternyata mandi menggunakan air dingin justru memiliki manfaat yang lebih baik untuk kulit dan rambut. Hal ini karena air dingin tidak membuat kulit kering, seperti yang ditimbulkan dari efek penggunaan air hangat.

    Dilansir dari laman Health Me Up, berikut beberapa fakta tentang air dingin yang terbukti baik bagi kulit dan rambut Anda.

    Manfaat untuk kulit

    1. Menutup pori-pori

    Air hangat dapat membuka pori-pori kulit. Hal ini memungkinkan Anda untuk membersihkan kulit secara efektif. Namun, Anda perlu menutup pori-pori tersebut dengan menggunakan air dingin. Hal ini untuk mencegah pori-pori tersumbat oleh minyak dan kotoran, yang mengundang bakteri penyebab jerawat.

    2. Melindungi minyak alami kulit

    Mandi air hangat dapat mengikis minyak alami dari kulit Anda sehingga menyebabkannya kering. Air hangat membuka pori-pori, sehingga menyebabkan minyak alami dicuci bersih oleh air. Hilangnya minyak pelindung menyebabkan kulit Anda menjadi kering dan bersisik. Sel-sel kulit kering dan keriput menyebabkan garis-garis halus dan menambah kerutan dari waktu ke waktu. Sebaliknya, mandi dengan air dingin akan membuat pori-pori Anda tertutup rapat dan melindungi minyak alami kulit Anda.

    3. Mengurangi bengkak

    Air dingin ternyata dapat mengurangi pembengkakan dan munculnya lingkaran di bawah mata. Mandi dengan air dingin juga berfungsi untuk membuat kulit kencang sehat.

    Manfaat untuk rambut

    1. Melindungi sebum

    Sebum adalah minyak alami yang melindungi rambut dan kulit. Air hangat dapat mengikis sebum, yang akhirnya membuat rambut kering dan rusak. Mandi dengan air dingin dapat mencegah hilangnya sebum, memperkuat rambut dan mencegah rambut rontok.

    2. Menutup kutikula rambut

    Kutikula rambut akan tertutup jika dicuci dengan air dingin. Kutikula yang tertutup akan memantulkan lebih banyak cahaya, yang membuat rambut Anda terlihat lebih bersinar dan sehat.

    3. Mengurangi keriting

    Air hangat akan merusak rambut seperti merusak kulit Anda. Air hangat akan mengeringkan rambut dengan cara mengikis minyak pelindung alami. Setelah mencuci rambut Anda, bilas rambut dengan air dingin selama beberapa menit untuk menutup kutikula rambut. Hal ini membuat rambut lebih kuat, mencegah kerontokan, mengurangi keriting dan membuat rambut lebih berkilau.

    Bagi Anda yang tidak dapat mandi dengan air dingin, Anda bisa menggunakan air dingin setelah mandi saja. Bilasan dengan air dingin berfungsi untuk mengembalikan kondisi alami kulit dan rambut Anda. 

    0 komentar:

    Posting Komentar