Selasa, 24 Maret 2015

Tagged Under:

Pesawat Tenaga Surya Siap Keliling Dunia

By: DoniN On: 07.43
  • Share The Gag
  • Pesawat Tenaga Surya Siap Keliling DuniaThe Solar Impulse 2, sebuah pesawat bertenaga surya (Solar Impulse/Revillard)
    Pesawat tenaga surya bernama Solar Impulse 2 yang mengangkut dua pilot melakukan misi penerbangan pertamanya pada Senin (9/3).

    Kantor berita Reuters mengabarkan, Solar Impulse 2 lepas landas dari Abu Dhabi, Uni Emirat Arab menuju ibukota Oman, Muskat sebagai penanda dimulainya perjalanan lima bulan sejauh 35 ribu kilometer yang diadakan untuk memfokuskan mata dunia pada energi berkelanjutan.

    "Solar Impulse ingin memobilisasi antusiasme publik terkait teknologi yang bisa mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan menimbulkan perasaan positif soal energi terbarukan," tulis sebuah pernyataan di dalam situs misi tersebut.

    Pesawat tenaga surya itu memiliki berat seperti mobil, yakni sekitar 2.300 kilogram namun memiliki lebar sayap yang sama seperti pesawat besar dari maskapai penerbangan awak pada umumnya. 

    Masa perjalanan ini akan terdiri dari 25 hari penerbangan yang terbagi jadi 12 titik pada kecepatan antara 50 dan 100 kilometer per jam. 

    Proses penelitian, desain, dan konstruksi Solar Impulse 2 memakan waktu 12 tahun dan versi pertama pesawat diluncurkan pada 2009 silam sekaligus memecahkan rekor dari segi ketinggian dan jarak yang ditempuh oleh pesawat awak bertenaga surya.

    Penerbangan Solar Impulse 2 akan singgah di India, Myanmar, dan Tiongkok sebelum menyeberangi Samudera Pasifik dan terbang melintasi Amerika Serikat dan Eropa selatan untuk kembali lagi ke Abu Dhabi.

    "Keajaiban bisa diraih dengan energi terbarukan seperti tenaga surya," tutur pilot asal Swiss, Bertrand Piccard.

    Piccard melanjutkan, "kami ingin menunjukan bahwa kami sanggup terbang siang dan malam tanpa menurunkan bahan bakar."

    Sejumlah perusahaan yang terlibat di dalam proyek ini di antaranya Bayer AG, Solvay, ABB, Schindler, Omega, dan Masdar Abu Dhabi.

    0 komentar:

    Posting Komentar