Selasa, 24 Maret 2015

Tagged Under:

Tiga Daerah di Indonesia yang Jadi Favorit Turis Mancanegara

By: DoniN On: 07.11
  • Share The Gag


  • Tiga Daerah di Indonesia yang Jadi Favorit Turis MancanegaraWisatawan mancanegara (wisman) berkeliling kota menggunakan transportasi tradisional becak (ANTARA FOTO/Noveradika)
    Jika berbicara tentang pariwisata, Indonesia tentu punya banyak destinasi wisata potensial yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Mulai dari wisata alam, budaya, maupun objek wisata lainnya buatan manusia (man made).

    Dari sekian banyak daerah yang ada di Indonesia, Bali, Jakarta, dan Batam adalah daerah yang banyak mendatangkan wisatawan mancanegara. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Kementerian Pariwisata, ketiga daerah ini mampu menyumbangkan 90 persen angka kunjungan wisatawan mancanegara.

    Satu hal yang sama dari ketiga wilayah ini adalah penerapan konsep Great, yaitu Great Bali, Great Jakarta, dan Great Batam. Konsep Great dalam pariwisata, berarti menjadikan salah satu wilayah sebagai hub atau pintu gerbang masuknya wisatawan dan mengarahkan wisatawan tersebut ke daerah-daerah di sekitarnya untuk mengembangkan pariwisata. Jadi, jika Great Bali diterapkan, tak hanya Bali yang akan jadi fokus tujuan wisata, namun wilayah sekitarnya seperti Jawa Timur atau Nusa Tenggara Barat.

    "Yang di Bali akan saya arahkan ke Lombok dan Banyuwangi. Banyuwangi nantinya akan saya bangun marina disitu. Banyuwangi tuh indah sekali," kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya, dalam acara Seminar Peningkatan Konektivitas Pulau-pulau di Indonesia untuk Pengembangan Wisata Bahari, di Gedung Kementerian Pariwisata.

    Begitu juga dengan Great Jakarta. Kawasan wisata di sekitar Jakarta seperti kawasan Bogor dan Bandung pun akan 'kebagian' kunjungan wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Jakarta.

    Konsep Great juga digunakan karena dinilai lebih praktis dari segi promosi. Hal ini disebabkan banyaknya destinasi wisata Tanah Air yang tidak mungkin bisa dipromosikan satu per satu lantaran keterbatasan waktu dan biaya. "Saya akan tetap menggunakan pendekatan great biar tidak frustasi. Kita akan frustasi kalau bicarakan satu-satu. Mulailah pakai konsep Great," ujar Arief.

    Salah satu syarat bisa terwujudnya konsep Great ini adalah adanya infrastruktur dan transportasi yang memadai. "Yang akan kami bangun, Great yang sudah siap, seperti di sekitar Bali, Jakarta, dan Batam, itu (infrastrukturnya) sudah 90 persen," ujar Arief.

    Sejak diterapkannya pariwisata sebagai leading sector di Indonesia, Arief pun optimis perkembangan infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan pariwisata akan tumbuh dengan cepat. "Ketika pariwisata sudah jadi leading sector, kementerian lain wajib membangunkan daerah yang sudah ditetapkan KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional)."

    Untuk itulah ia pun berencana mengembangkan konsep Great ini pada destinasi wisata baru yang memiliki potensi. "Dalam hal pembangunan destinasi akan menggunakan Great juga," pungkasnya. 

    0 komentar:

    Posting Komentar