Selasa, 24 Maret 2015

Tagged Under:

Bersantai dalam Ketenangan Pulau Dewata

By: DoniN On: 07.01
  • Share The Gag
  • Bersantai dalam Ketenangan Pulau Dewata(Ilustrasi: Thinkstock)
    Bali masih menjadi destinasi wisata favorit wisatawan domestik maupun mancanegara. Keindahan pemandangan alam berupa pantai, sawah, gunung juga eksotisme arsitektur pura memikat siapa saja yang datang berkunjung ke Pulau Dewata ini.

    Tak hanya itu Bali juga menawarkan kesempatan untuk bersantai dalam kesunyian bagi mereka yang sengaja berkunjung untuk mencari ketenangan.

    Berikut enam tujuan wisata di Bali bagi Anda yang ingin sejenak lepas dari hingar bingar kehidupan perkotaan.

    Balian

    Terletak di wilayah Bali Barat, Balian adalah kawasan pantai yang terkenal karena ombaknya. Tak ayal Balian menjadi tujuan wisata para peselancar profesional dari penjuru dunia.

    Meskipun Balian tidak ramah untuk para perenang maupun peselancar pemula, pengunjung dapat berjalan di sepanjang pantai berpasir hitam ini sembari merasakan semilir angin dan deburan ombak. Tentu tanpa perlu terganggu dengan ramainya orang karena pantai di sini masih cukup sepi.

    Sebagian besar penginapan yang ada memang ditargetkan bagi peselancar, tapi beberapa penginapan juga tersedia bagi keluarga yang tengah berlibur.

    Pengunjung dapat dengan mudah menyewa sepeda motor untuk menjelajah kawasan Balian yang dikelilingi sawah nan hijau. Menjelang senja sempatkanlah berkunjung ke daerah Soka dimana terdapat gua besar penuh dengan kelelawar yang akan muncul saat matahari terbenam.

    Sidemen

    Sidemen adalah sebuah desa kecil di wilayah kabupaten Karangasem, Bali yang belum banyak terjamah wisatawan. Lokasinya berada di sebelah timur Klungkung, sekitar satu jam perjalanan dari Kuta.

    Di sini Anda akan menikmati pemandangan menakjubkan dari hamparan sawah padi milik penduduk setempat. Sistem pengairan daerah persawahan Bali yang dikenal dengan sebutan subak bisa menyejukkan mata siapa saja yang menyempatkan diri mengunjungi Sidemen. Jangan ragu untuk mengambil gambar pemandangan fantastis sebanyak yang Anda mampu.

    Pengunjung yang bermalam dapat merelakan diri untuk bangun lebih awal dan mendaki puncak Gunung Agung. Menikmati pemandangan matahari terbit di gunung tertinggi dan paling dihormati di Bali tentu akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

    Amed

    Rangkaian teluk di sepanjang pantai di wilayah Bali Timur ini menjadi tempat favorit bagi mereka yang sudah merasa jengah dengan hiruk pikuk di kawasan selatan Bali. Anda dapat melakukan aktivitas seperti snorkeling dan menyelam di beberapa tempat yang tersebar di kawasan Amed ini, termasuk menyelam ke bangkai kapal Jepang di Banyuning.

    Kawasan Amed juga menjadi pilihan tepat bagi mereka yang ingin bersantai tanpa terlalu banyak aktivitas. Duduk santai sambil menyaksikan jukung, perahu cadik tradisional, yang tengah melaut dengan layar segitiga berwarna-warni bisa menjadi alternatif hiburan pelepas penat.

    Munduk

    Bali tak melulu soal pantai. Terletak di sisi barat Danau Tamblingan, Munduk menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dari ketinggian.

    Sebagian besar tempat bermalam di Munduk adalah penginapan kecil dan homestay. Tapi tak perlu khawatir, di sini udara begitu sejuk dan dingin sehingga pengunjung dapat sejenak melupakan soal pendingin udara.

    Munduk menjadi menarik karena apa yang tidak ada di sini. Tidak ada keramaian, tidak ada toko-toko dan tidak ada kerepotan.

    Nusa Penida

    Sekilas melihat peta Bali ada beberapa pulau yang letaknya terpisah dari pulau utama. Ketiga pulau itu adalah Nusa Lembongan, yang terkenal dengan kehidupan kaum jetset, Nusa Ceningan, dan yang terbesar adalah Nusa Penida.

    Gugusan tiga pulau yang terletak di sekitar 20 kilometer sebelah timur pulau utama Bali ini mudah dicapai dengan perahu umum atau perahu motor.

    Di awal abad ke-18, Nusa Penida adalah lokasi penjara untuk menyekap para tahanan dinasti Gelgel. Sebelum ditaklukan oleh Majapahit, Dinasti Gelgel adalah salah satu kerajaan di Bali yang memiliki wilayah kekuasan hingga ke Lombok.

    Saat ini Nusa Penida menjadi favorit bagi pengunjung untuk berselancar dan snorkeling. Dengan menyewa sepeda motor, Anda juga dapat menikmati sajian pemandangan berupa tebing-tebing yang menjulang setinggi ratusan meter.

    Taman Nasional Bali Barat

    Taman Nasional Bali Barat adalah rumah bagi burung Jalak Bali yang sudah hampir punah. Selain itu, pengunjung juga dapat merasakan sensasi snorkeling dan menyelam di wilayah Menjangan yang disebut-sebut sebagai salah satu kawasan menyelam terbaik di Bali.

    Di sepanjang garis pantai Anda dapat menyaksikan pemandangan lumba-lumba dengan latar belakang gunung-gunung berapi di Pulau Jawa.

    0 komentar:

    Posting Komentar