Selasa, 24 Maret 2015

Tagged Under:

Google Pakai 'Awan' untuk Teliti Autisme

By: DoniN On: 07.46
  • Share The Gag
  • Google Pakai 'Awan' untuk Teliti Autisme

    BY 06.16
    Google Pakai 'Awan' untuk Teliti AutismeGoogle memberi fasilitas komputasi awan (cloud computing) untuk menyimpan informasi genetika dari penderita autisme. (Getty Images/Justin Sullivan)
    Google tengah melakukan penelitian bersama dengan kelompok advokasi Autism Speak untuk menemukan penyebab penyakit autisme secara genetik dalam tubuh manusia. Dalam penelitian ini, Google menyediakan fasilitas komputasi awan (cloud computing) kepada para ilmuwan untuk menampung data.

    Diprediksi bakal ada sebanyak 10 ribu sampel genom atau kumpulan informasi genetika dari penderita autisme beserta dengan sampel keluarga mereka.

    "Kami percaya bahwa petunjuk untuk memahami autisme terletak pada genom tersebut," ujar Rob Ring, Kepala Bagian Sains Autism Speaks.

    "Kami ingin memanfaatkan teknologi dan pendekatan khusus untuk mencari jawaban terhadap kasus ini," lanjut Ring dikutip dari Wired.

    Dalam proyek ini, Google akan menggunakan Google Genomics, sebuah layanan berbasis awan yang diluncurkan beberapa bulan lalu untuk lebih dalam meneliti tentang genetika.

    David Glazer, Direktur Teknik Google Genomics mengatakan bahwa para peneliti dapat memanfaatkan data soal genom dan menemukan urutan data secara akurat yang kapasitasnya diprediksi mencapai 100 gigabyte.

    Teknologi komputasi awan juga memudahkan kolaborasi jarak jauh antar peneliti. "Ini akan lebih mudah ketimbang harus mengirimkan hard drive dalam jarak yang jauh," ucap Glazer.

    Liz Feld, Presiden Autism Speaks, berharap bahwa Google dapat membantu para peneliti untuk membuat analisis genetik yang kuat agar dapat membuat pengobatan yang lebih individual.

    "Yang paling penting bagi kita adalah penelitian ini akan memungkinkan kita untuk mengungkap dan memahami berbagai bentuk autisme," kata Feld.

    Proyek penelitian tentang autisme ini sejatinya adalah proyek pertama Google dalam bidang kesehatan dan obat-obatan. Namun, baru kali ini Google meneliti tentang genetika penderita autis dan ikut memelajari segala hal yang terkait di dalamnya.

    0 komentar:

    Posting Komentar