Selasa, 24 Maret 2015

Tagged Under:

Belanda Resmikan Jalan Bertenaga Surya

By: DoniN On: 07.41
  • Share The Gag
  • Belanda Resmikan Jalan Bertenaga SuryaEnergi yang diciptakan dari jalur sepeda tenaga surya nantinya mampu memberikan daya pada lampu jalan dan lampu lalu-lintas atau bahkan peralatan rumah tangga. (Rueters/Pawel Kopczynski)
    Pemerintah Belanda resmi membuka jalur sepeda yang mampu mengubah sinar matahari menjadi energi untuk lalu lintas publik pada Rabu (12/11),

    Jalur sepeda yang membentang sepanjang 70 ribu meter di kota Krommenie, sebelah barat laut Amsterdam, itu memiliki teknologi canggih dan merupakan yang pertama di dunia.

    Pengendara sepeda yang melalui jalan ini dapat naik di salah satu ujung jalur dan kemudian beberapa detik setelahnya dapat mengayuh untuk turun kembali di ujung jalur lain.

    Jalan ini dijadikan sebagai jalur uji coba yang dikembangkan oleh perusahaan SolaRoad yang berkolaborasi dengan pihak swasta, pemerintah dan institusi pendidikan.

    "SolaRoad merupakan yang pertama di dunia yang akan menempatkan Belanda di peta sebagai pemimpin dalam inovasi berkelanjutan," ujar Henk Kamp, Menteri Ekonomi Belanda saat pembukaan jalur ini, seperti ditulis CNN, Kamis (13/11).

    Jalan berteknologi cvanggih ini terbuat dari beton dengan lubang kecil penangkap tenaga surya dan ditutupi dengan lapisan kaca tipis.

    Menurut pihak SolaRoad, energi yang diciptakan dari jalan ini nantinya mampu memberikan daya pada lampu jalan dan lampu lalu-lintas atau bahkan peralatan rumah tangga.

    Rencananya, pengujian akan terus dilakukan selama tiga tahun untuk pengembangan jalan bertenaga surya ini.

    0 komentar:

    Posting Komentar