Selasa, 24 Maret 2015

Tagged Under:

Udang Aneh dari Maroko, 'Monster' Laut yang Doyan Plankton

By: DoniN On: 08.05
  • Share The Gag
  • Udang Aneh dari Maroko, 'Monster' Laut yang Doyan Plankton   Ilustrasi Aegirocassis benmoulae (Dok. news.yale.edu)
    Pada 2011 sebuah fosil ditemukan ditemukan di Maroko. Ilmuwan dari Universitas Yale, Peter Van Roy, dan timnya menyimpulkan bahwa fosil itu adalah milik anomalocaridid, kelas makhluk laut yang berarti “udang aneh”. Tapi nenek moyang udang ini terbilang 'monster' karena ukurannya yang mencapai panjang 2,1 meter.
    Para ahli memberinya nama Aegirocassis benmoulae, berdasarkan nama Mohamed Ben Moula, orang pertama yang menemukan fosil itu pada 2011. Panjang fosil itu mencapai 2,1 meter dan bobotnya, “Lebih dari yang bisa saya angkat,” kata David Legg, paleobiologist dari Museum Sejarah Alam Universitas Oxford, Inggris. 

    Disimpulkan Aegirocassis benmoulae adalah jenisarthropoda yang tertua. Arthropoda adalah kelompok hewan berbuku-buku yang di dalamnya termasuk serangga, crustacea, arachnid, dan sebagainya.Arthropoda diperkirakan hidup di bumi sejak 530 juta tahun lalu. Hewan ini termasuk yang paling kaya spesies dan morfologinya di Bumi.

    Dari gambar rekonstruksi terhadap fosil itu, muncullah gambaran arthropoda laut yang punya mulut seperti ikan pedang dan berpasang-pasang sirip pada tubuh yang berbuku-buku.

    Di bawah mulutnya ada seperti keranjang yang diduga digunakan untuk menyaring plankton. Ahli evolusi biologi Georg Mayer dari Universitas Leipzig mengatakan itu seperti baleen, jaringan seperti sikat di bawah rahang paus yang dipakai untuk menyaring makanannya. Ia diperkirakan hidup pada 400 juta tahun lalu.

    “Barangkali ia akan menakutkan orang ketika melihatnya berenang,” tutur Van Roy, ahli yang menuliskan studi tentang monster itu di edisi terbaru jurnal Nature. “Tapi ia binatang yang kalem, seperti kebanyakan paus, ia hanya doyan plankton.

    0 komentar:

    Posting Komentar