Selasa, 24 Maret 2015

Tagged Under:

Indonesia Bergabung dalam Lomba Perahu Naga di Hong Kong

By: DoniN On: 07.11
  • Share The Gag
  • Indonesia Bergabung dalam Lomba Perahu Naga di Hong KongPerahu Naga (ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang)
    Salah satu atraksi festival menarik yang ada di Hong Kong adalah lomba perahu naga. The Dragon Boat Festival ini diselenggarakan pada hari kelima di bulan kelima bulan lunar dalam penanggalan Tiongkok. Di tahun 2015 ini, festival perahu naga di Hong Kong akan diselenggarakan pada tanggal 20 Juni 2015.

    Tahun ini, perayaan perahu naga terasa lebih istimewa untuk masyarakat Indonesia. "Tahun ini, kami akan mengajak masyarakat Indonesia untuk menjadi tim dalam perlombaan perahu naga," kata Becky Ip, Deputy Executive Director Hong Kong Tourism Board (HKTB) di hotel Pullman, Central Park.

    "Ini adalah tahun pertama tim Indonesia akan bergabung dalam festival ini. Kami sangat senang menantikannya."

    Dikutip dari laman Discover Hong Kong, festival ini bermula 2.000 tahun lalu. Dragon Boat Festival ini juga dikenal sebagai festival Ng Tuen. Festival ini dirayakan sebagai sebuah penghormatan terhadap pahlawan nasional Tiongkok, Qu Yuan.

    Qu menenggelamkan diri di sungai Mi Lo sebagai bentuk protes terhadap penguasa yang korup. Agar tubuhnya tak habis dimakan ikan, warga melemparkan kue beras ketan, zongzi ke dalam air.

    Puncak penghormatannya adalah balap perahu naga. Setiap perahu naga ini dihiasi dengan berbagai hiasan dan ukiran. Perahu yang berukuran 10 meter ini diukir berbentuk kepala naga dan ekornya. Masing-masing perahu memuat 22 awak pendayung. DeTabuhan genderang yang bertalu memacu pendayung perahu naga untuk mencapai garis akhir.

    0 komentar:

    Posting Komentar