Selasa, 24 Maret 2015

Tagged Under:

Material Terkuat di Bumi, Gigi Siput Laut

By: DoniN On: 07.29
  • Share The Gag
  • Material Terkuat di Bumi, Gigi Siput LautLimpet atau siput laut. (Dok. Wikipedia)
    Apa material alami yang terkuat di bumi? Apakah jaring laba-laba, titanium, atau kevlar?

    Ternyata bukan. Sekelompok ilmuwan mendapati bahwa material yang terkuat di bumi adakah gigi Limpet atau siput laut.

    Siput laut vegetarian ini biasanya memiliki panjang tubuh sampai lima sentimeter dan memiliki cangkang berbentuk kerucut. Mereka menempel pada batu dan bergerak menggunakan kaki di bawah cangkangnya.

    Untuk makan, mereka tak perlu menggerakkan tubuh, cukup dengan memperpanjang semacam lidah berpelekat yang disebut juga radula. Lidah ini memiliki sederet gigi kecil yang menggesek dan memindahkan makanan ke dalam mulutnya.

    Asa Barber, seorang profesor di Fakultas Teknik Universitas Portsmouth, Inggris, yang memimpin studi itu, mengatakan gigi-gigi itu memiliki komposisi frame protein dan kandungan serat-seratgoethite yang tersusun rapat.

    Goethite adalah mineral oksida yang ditemukan di tanah dan lingkungan bersuhu rendah. Ia sudah dikenal sejak zaman prasejarah karena digunakan sebagai pigmen. Mineral ini juga termasuk penyusun bijih besi. 

    Komposisi itu, kata Barber, menghasilkan struktur terkuat, seperti struktur yang digunakan di pesawat terbang, tapi dalam skala yang sangat kecil. Barber pun terinspirasi untuk menguji kekuatannya.

    Di laboratorium, para ilmuwan pun memisahkan gigi-gigi itu. Hasilnya, untuk memisahkan material gigi itu dibutuhkan tekanan 6,5 gigapascal (GPa). Sebagai perbandingan, kekuatan serat jaring laba-laba adalah 4,5 GPa. Sedangkan kevlar hanya 3-3,5 GPa.

    Temuan lain, gigi siput itu tetap sama kuatnya, berapapun ukurannya. Biasanya, kalau material lain, semakin besar ukurannya semakin berkurang kandungannya, sehingga semakin rapuh.

    Barber mengatakan, penemuan itu akan membuka banyak peluang lahirnya material yang tak hanya kuat tapi juga ringan. Ini bermanfaat bagi dunia otomotif. Mobil atau sepeda motor balap biasanya membutuhkan material body yang kuat namun ringan.

    0 komentar:

    Posting Komentar