Selasa, 24 Maret 2015

Tagged Under:

Tak Bisa Bekerja dalam Bising? Bisa Jadi Anda Genius

By: DoniN On: 07.34
  • Share The Gag
  • Tak Bisa Bekerja dalam Bising? Bisa Jadi Anda GeniusOrang-orang yang tidak mampu bekerja dalam suasana bising bisa berarti mereka bekerja dengan sangat fokus. (CNN Indonesia internet/ Sascha Kohlmann/Flickr)
    Sering bingung kenapa saat orang bekerja mereka bisa sambil mendengarkan musik keras-keras atau nonton tv? Sedangkan Anda, hanya bisa konsentrasi kerja jika berada di tempat tenang dan tak berisik?

    Merasa tak pandai atau bahkan merasa aneh? Jangan dulu minder. Pasalnya, menurut sebuah studi dari Northwestern University, 'gejala-gejala' ini menandakan Anda adalah sosok orang yang genius.

    Bukan cuma itu, peneliti mengungkapkan bahwa ketidakmampuan untuk menyaring informasi yang diterima sensori Anda, membuktikan tingkat kreativitas dan bakat. Studi ini mengutip para jenius di bidangnya, misalnya Charles Darwin, Anton Chekhov, dan novelis Marcel Proust. Mereka semua memiliki ketidakmampuan untuk bekerja dalam kondisi yang bising. Ketika bekerja mereka akan memakai sumbat telinga dan melapisi kamar tidurnya dengan gabus untuk menghambat suara bising dari luar sementara ia bekerja.

    Ketika mereka tidak mampu bekerja dalam suasana bising, namun ini berarti mereka bekerja dengan sangat fokus. Mereka dianggap mampu untuk menyaring informasi yang berguna untuk pekerjaannya.

    "Mereka memiliki kecenderungan untuk menyaring informasi sensorik  yang tidak relevan untuk pekerjaannya. Ini terjadi sejak awal dan tanpa sadar di otak. Ini akan membuat orang lebih fokus dalam mengintegrasikan ide yang jadi fokus perhatian. Ini akan mengarahkan kreativitas mereka," kata Darya Zabelina, penulis studi, dikutip dari The Telegraph.

    Studi ini dilakukan dengan mengkaji 100 partisipan. Mereka diminta untuk memberikan jawaban dari beberapa pertanyaan yang harus dijawab dalam waktu terbatas. Peserta kemudian diminta untuk menjawab pertanyaan dalam kuisioner angket kreatif.

    Mereka diminta untuk menjawab pertanyaan tentang prestasi kreatif mereka dlam seni visual, menulis kreatif, penemuan ilmiah, kuliner dan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak orang yang memberikan jawaban kreatif. Namun, penelitian ini juga menunjukkan bahwa orang yang memberikan jawaban paling kreatif ini juga sangat sensitif terhadap suara saat mereka sedang bekerja.

    0 komentar:

    Posting Komentar