Selasa, 24 Maret 2015

Tagged Under:

Studi : Lautan Di Mars Ternyata Lebih Besar Dari Samudra Arktik

By: DoniN On: 07.54
  • Share The Gag
  • http://astronesia.blogspot.com/
    Ilustrasi lautan kuno di Marsyang berlangsung selama miliaran tahun.

    Mars pernah memiliki wilayah perairan yang lebih besar dari samudra Arktik di Bumi dan cukup luas untuk menutupi seluruh permukaan planet, kata para ilmuwan NASA yangmengatakan dalam sebuah studi yang dirilis pada hari Kamis.

    Penelitian baru ini memberikan perkiraan tentang jumlah air di Planet Merahdidasarkan padapengamatan rinci dari dua bentuk air yang sedikit berbeda di atmosfer Mars.

    Studi ini mengatakan bahwa Planet Merah pernah ditutupi lapisan cair sedalam 450 kaki (137meter) menempati hampir setengah wilayah belahan bumi utara Mars. Di beberapa daerah,kedalaman air lebih besar satu mil (1,6 kilometer), kata para ilmuwan NASA. 

    Penelitian ini juga menunjukkan bahwa sebagian besar air di Mars - 87 persen - telah hilang ke ruang angkasa.

    "Penelitian kami menyediakan perkiraan padat berapa banyak air yang pernah dimiliki Mars," kataGeronimo Villanuevapenulis utama studi tersebut.


    "Dengan pekerjaan inikita dapat lebih memahami sejarah air di Mars," kata Villanuevaseorang ilmuwan di NASA`s Goddard Space Flight Center di GreenbeltMaryland.

    Michael Mummailmuwan senior di Goddard yang juga penulis utamamenambahkan"DenganMars kehilangan banyak airplanet itu sangat mungkin basah untuk jangka waktu lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya, menunjukkan planet ini mungkin telah dihuni lebih lama. "

    Ilmuwan NASA mengatakan perkiraan baru volume air di Marsdan tanda kimia yang berbeda daridua jenis airditemukan menggunakan teleskop Keck Observatory 10 meter Keck IINASA`s InfraredTelescope Facilitydan ESO`s Very Large Telescope yang terletak di Chili.

    Perkiraan baru ini didasarkan pada pengamatan rinci dari dua bentuk air yang sedikit berbeda diatmosfer Mars`.

    Salah satunya adalah H2Odibuat dengan dua atom hidrogen dan satu oksigen.

    Yang lainnya adalah HDOvariasi alami di mana satu hidrogen digantikan oleh bentuk yang lebih beratdisebut deuterium.


    Dengan membandingkan rasio HDO ke H2Oilmuwan mampu mengukur pengayaan danmenentukan berapa banyak air yang telah lolos ke ruang angkasa.

    NASA mengatakan bahwa para peneliti yang sangat tertarik di daerah-daerah dekat kutub utara danselatan Mars, karena es di kutub adalah waduk air terbesar di Mars.

    0 komentar:

    Posting Komentar