Selasa, 24 Maret 2015

Tagged Under:

Asteroid terbesar ini berpotensi jadi rumah baru manusia!

By: DoniN On: 06.17
  • Share The Gag
  • Di tata surya kita, terdapat sebuah asteroid yang diklaim sebagai yang terbesar hingga disebut sebagai planet kerdil. Nah, kini asteorid itu tertangkap kamera di sekitar Mars.
    Ditemukan pada tahun 1801, asteroid 'Ceres' sampai saat ini masih dinobatkan sebagai asteroid terbesar di tata surya dengan diameter 950 kilometer! Ilmuwan juga menyatakan bila Ceres adalah planet kerdil yang letaknya paling dekat dengan matahari.
    Penampakan Ceres terbaru berhasil diabadikan oleh pesawat luar angkasa tak berawak bernama Dawn pada tanggal 1 Desember lalu. Tetapi Anda jangan tertipu, sebab di foto tersebut Ceres hanya terlihat seperti titik putih kecil dengan lebar tak sampai 9 piksel.
    Hal ini dikarenakan Dawn memotret Ceres dari jarak yang sangat jauh, yakni 1,2 juta kilometer di sekitar orbit planet tetangga bumi, Mars. NASA sebagai pemilik Dawn sangat tertarik untuk meneliti Ceres karena asteroid itu dianggap menyimpan rahasia dari asal usul bumi bahkan menjadi tempat untuk membangun koloni manusia.
    "Sekarang, akhirnya, pesawat luar angkasa kami (Dawn) akan mengungkap dunia alien misterius itu (Ceres)," ujar pimpinan misi Dawn, Marc Rayman, Daily Mail (12/12).
    Hal tersebut bermula saat ilmuwan NASA melihat air menyembur dari permukaan Ceres pada bulan Januari. Lontaran air dari Ceres pun sangat deras, menurut NASA kecepatan air yang keluar dari hingga 6 kilogram per detik.
    Menurut pengamatan badan antariksa Eropa 'ESA' dengan teleskop Herschel, terdapat kemungkinan bila air yang keluar dari Ceres berasal dari sebuah sumber air panas atau geiser dan gunung vulkanik yang tertutup es. Oleh sebab itu, NASA percaya bila manusia bisa membangun peradaban di atas Ceres.
    Bagaimana, apakah Anda kelak mau hidup di sebuah asteroid?

    0 komentar:

    Posting Komentar